5 Destinasi Wisata Liburan Akhir Pekan Di Balikpapan

1. Pantai Lamaru

Destinasi Tempat Wisata di Balikpapan

Related image

Pantai lamaru adalah salah satu pantai di Balikpapan yang paling populer sebagai tempat berlibur di akhir pekan. Pantai ini terletak di daerah Manggar yang merupakan kawasan di pinggir kota Balikpapan sehingga bukan di area yang padat penduduk dengan polusi udara kota yang ada dimana-mana.
     Tempat wisata ini sangat cocok didatangi oleh anda bersama keluarga yang ingin menghabiskan waktu santai di sela-sela kegiatan padat, maupun bersama teman-teman sebab selain wilayah pantainya yang luas, pantai lamaru juga ditumbuhi oleh area pepohon cemara yang kalau kata anak muda zaman sekarang itu aesthetic untuk dijadikan spot berfoto-foto ria bersama.

2. Pantai Melawai

Image result for pantai melawai balikpapan

Related image

Berikutnya ada pantai melawai yang terletak di kawasan daerah perminyakan Pertamina ini. Pantai ini sangat terkenal di Balikpapan dan sangat banyak pengunjung yang datang untuk bersantai bersama kerabat mereka. Kaum muda mudi Balikpapan sering mengunjungi pantai ini dikala malam tiba terutama di hari libur seperti sabtu dan minggu yang menjadi waktu bagi warga setempat untuk bersantai sejenak.
     Setiap malam, akan ada banyak para pedagang kaki lima yang membuka kafe kecil-kecilan di sepanjang jalan besar pesisir pantai melawai ini. Para pedagang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman mulai dari yang berat sampai yang ringan seperti nasi goreng, mie goreng, aneka gorengan, jagung bakar, sekoteng, teh tarik, kopi dan aneka jus segar untuk menemani waktu santai anda.

3. Bukit Bangkirai

Destinasi Tempat Wisata di Balikpapan


Image result for bukit bangkirai

Wisata alam bukit bangkirai ini adalah kawasan alam yang masih terjaga kelestariannya. Area perbukitan yang asri, pepohonan yang menjulang tinggi serta jembatan gantung yang menjadi daya tarik karena dapat menguji adrenalin bagi orang yang berjalan diatasnya memang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak para wisatawan yang berkunjung ke area bukit bangkirai ini bukan hanya dari warga lokas saja melainkan warga luar kota sampai warga manca negara yang penasaran akan keindahan alam yang dimiliki Indonesia menjadikan kawasan wisata ini sebagai destinasi pilihan mereka.
     Pohon-pohon bangkirai yang amat tinggi dengan ukuran batang pohon yang besar dan ganal merupakan keunikan btersendiri dari pohon yang dapat tumbuh sampai ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan berdiameter 2,3 meter, fakta mencengangkan lainnya adalah pohon-pohon ini dapat hidup lebih dari 150 tahun.

4. Hutan Lindung Sungai Wain

Destinasi Tempat Wisata di Balikpapan

Image result for hutan sungai wain



Image result for hutan sungai wain

























Memiliki luas tak kurang dari 10.000 hektar, Hutan Lindung Sungai Wain ini merupakan rumah bagi berbagia macam flora serta fauna langka yang dilindungi seperti orang utan, beruang madu yang merupakan maskot kota Balikpapan, bekantan, tanaman daerah tropis yang unik seperti kantong semar, hingga tumbuhan endemik Jahe Balikpapan.
Menurut Wikipedia, luas dari area hutan lindung sungai wain keseluruhannya adalah 10.025 Ha, yang terdiri atas:

  • Hutan Dipterocarpa dataran rendah
  • Hutan Dipterocarpa perbukitan
  • Hutan Rawa terbuka dan Air Tawar
  • Hutan Riparian
  • Aliran Sungai wain sepanjang +/ 18.300mtr (dengan hutan bakau di tepiannya)
Membuat hutan ini sangat kaya akan keberagaman alamnya. Daerah kawasan hutan lindung sungai
wain sendiri merupakan gabungan antara hutan asli, hutan buatan yang dibentuk pasca kebakaran
yang melanda daerah ini pada tahun 19971998 silam serta daerah sungai.

5. Penangkaran Buaya Teritip

Destinasi Tempat Wisata di Balikpapan

Image result for penangkaran buaya teritip

Nah, bagi anda sang pecinta hewan terutama bagi anda yang memiliki keberanian lebih untuk berinteraksi maupun berdekatan dengan hewan liar dan buas maka, kawasan penangkaran buaya ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik bagi anda.
     Tak cuma konservasi Beruang Madu, di Balikpapan juga ada penangkaran yang mungkin agak jarang untuk ditemui di daerah lain yaitu penangkaran buaya. Penangkaran ini terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Lamaru, tepatnya di Kecamatan Teritip. Memiliki luas kawasan mencapai 5 hektar sudah lebih dari 1.450 ekor buaya menghuni penangkaran ini dan juga penangkaran ini memelihara berbagai jenis buaya mulai dari buaya supit, buaya muara, hingga buaya air tawar menghuni penangkaran ini.

You Might Also Like

0 Comments

Flickr Images