Girls, Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi, Apa Saja Sih?

1. Jangan sampai kamu tidak melihat warna darah menstruasimu sendiri

Image result for warna darah menstruasi

Image result for warna darah menstruasi

Warna dari darah menstruasi ternyata juga perlu diperhatikan loh, girls. Tekstur dan warna dari darah menstruasi akan menjadi indikasi apa ada yang salah dari kondisi tubuh mu. Sebab warna yang tidak biasa dapat menjadi tanda-tanda bahwa adanya infeksi pada vagina. Misalnya saja jika darah menstruasi berwarna oranye, maka langkah yang terbaik adalah memeriksakannya ke dokter sebagai bentuk dari antisipasi agar tidak menyebabkan penyakit.
2. Bergadang
Please Girls, 7 Hal Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasi!
Nah girls, buat kalian yang suka bergadang nih lebih baik dikurang-kurangin ya waktu bergadangnya karena bergadang memang tidaklah baik bagi kesehatan tubuh maupun mood. Jika kita lebih sering bergadang maka kita akan lebih cenderung merasakan mood yang naik turun, yang pasti membuat kita tidak merasa nyaman.
     Hal utama yang harus diperhatikan adalah kesehatan tubuh yang terganggu karena bergadang, efek lainnya adalah saat belajar kita jadi tidak bisa berkonsentrasi penuh sebab rasa kantuk akibat kekurangan oksigen pada otak. Lantas bagaimana cara mencegahnya? Ya, tentu saja dengan waktu tidur yang cukup minimal 8 jam perhari.
3. Tidak menghitung periode menstruasi
Please Girls, 7 Hal Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasi!
Dengan menghitung periode hari menstruasi,maka kita akan tau apakah periode datang bulan kita itu tepat waktu atau tidak sehingga kita bisa jadi lebih waspada jika terjadi kejanggalan seperti telat datang bulan.
4. Terlalu banyak ngemil
Image result for ngemil
Ternyata jika terlalu banyak mengemil dapat menyebabkan perut gembung loh girls. Loh bagaimana bisa? Ternyata jika kita makan makanan yang asin, maka garam dapat menyimpan banyak kandungan air dalam tubuh kita, hal itulah yang membuat kembung jika terlalu banyak ngemil saat menstruasi. Sebaiknya harus dihindari saja makan makanan yang terlalu asin saat menstruasi untuk menghindari perut kembung itu.
5. Perhatikan Asupan Zat Besi
Image result for zat besi
Saat menstruasi memang kita harus lebih ekstra dalam menjaga pola makan. Perhatikan lebih apa saja makanan yang baik dikonsumsi pada saat menstruasi seperti zat besi. Sebab saat kita mengalami menstruasi, maka kita akan kehilangan banyak darah yang mengandung zat besi.
     Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti brokoli,tiram,kacang merah,bayam sangat dianjurkan karena akan berdampak baik bagi tubuhmu saat menstruasi. Selain itu, fungsi dari zat besi itu adalahcmembawa oksigen ke seluruh tubuh dan membuatmu lebih bertenaga.
6. Cuci Tangan Sebelum Ganti Pembalut
Please Girls, 7 Hal Ini Jangan Sampai Kamu Lakukan Saat Menstruasi!
Mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan nih girls, karena kuman-kuman yang ada di tangan dapat menyebabkan infeksi pada area kewanitaan kita jika tidak dijaga kebersihannya. Maka, ada baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengganti pembalut, sebab pembalut yang kita sentuh dalam keadaan tangan belum dicuci dengan bersih mengandung banyak kuman yang sama saja dengan menempelkan kuman di area kewanitaan loh girls.

You Might Also Like

0 Comments

Flickr Images