6 Jenis Es Krim Populer di Dunia

1. Gelato — Italia

Image result for gelato

     Gelato sudah ada semenjak abad ke 16 masehi, dalam bahasa Italia Gelato berarti Es Krim.
Gelato merupakan olahan susu yang berasal dari Italia dengan bahan dasar susu dan kandungan lemaknya 15% yang bisa dikategorikan rendah. Berbeda dengan es krim yang pembuatannya berbahan krim dan telur, gelato berbahan dasar lebih sedikit krim atau bahkan pembuatannya tanpa telur sama sekali. Serta kandungan gelembung udara yang tidak terlalu banyak membuat tekstur dari es krim asal Italia ini lebih padat dari pada es krim pada umumnya.

2. Frozen Yogurt — Amerika Serikat

Image result for all about frozen yogurt

     Frozen yogurt adalah olahan es krim yang dibuat dengan cara membekukan yogurt terkadang terbuat dari bahan mengandung susu atau tidak sama sekali. Hidangan ini berasal dari Amerika dan sudah ada sejak tahun 70an dan sempat booming pada era 1980an.
Frozen yogurt terbuat dari susu murni, susu padat serta lemak susu serta juga mengandung sirup jagung, perisa, gelatin, emulsifier, dan bakteri pembuat yogurt. Frozen yogurt mengandung kalori sebesar 100 sampai 104 serta tidak mengandung lemak atau sampai 3 gram, inilah yang membuat yogurt sangat sehat untuk dikonsumsi orang yang sedang dalam masa diet.

3. Es Puter — Indonesia

Image result for es puter
























     Es puter atau yang biasa dikenal juga dengan nama es dung dung adalah hidangan pencuci mulut asli Indonesia, wah kita patut bangga nih sebagai orang Indonesia!
Sesuai dengan namanya, cara pembuatan es krim tradisional itu memang dengan cara diputar-putar terlebih dahulu di dalam alat pembuat es krim sampai berubah mengkristal.
Pada mulanya es puter tercipta karena keinginan orang Indonesia yang ingin mencicipi es krim namun karena keterbatasan inilah akhirnya bahan dasar susu pun diganti dengan santan dan dicampur dengan buah-buahan segar lokal seperti kelapa dan durian, namun hal inilah yang membuat cita rasa es puter terasa gurih dan "lebih Indonesia".

4. Spagettieis — Jerman

Related image

     Spagettieis adalah es krim berbentuk spaghetti yang unik berasal dari Jerman. Es krim ini sengaja dibentuk sedemikian rupa menyerupai spaghetti dan cara penyajiannya pun diatas mangkok agar terlihat lebih mirip dengan spaghetti. Spagettieis terbuat dari es krim vanilla yang ditaburi topping selai stroberi agar menyerupai saus tomat, ditaburi dengan coklat putih parut, remahan kelapa, kacang almond agar lebih terlihat seperti keju parmesan.

5. Ais Kacang — Malaysia, Singapura

Image result for ais kacang

     Es kacang memang sudah tidak asing lagi bagi kita, es ini banyak dijual di pinggir jalan oleh pedagang kaki lima maupun restoran. Es kacang terbuat dari es yang diserut dan diberi topping berupa kacang merah, kolang kaling, agar-agar dan jagung manis sebagai bahan dasar. Parutan es tadi dicampur dengan sirup manis serta susu kental manis yang enak dan menyegarkan lalu disajikan didalam mangkung tinggi.

6. Es Krim Mochi — Jepang

Image result for ES KRIM MOCHI

     Es krim mochi adalah hidangan yang berasal dari negara Jepang yang terbuat dari beras ketan tumbuk yang lembut. Mochi juga sudah terkenal di Indonesia dengan peminat yang berasal dari berbagai kalangan. Kue mochi yang paling terkenal adalah produksi dari daerah Bandung dan Sukabumi dengan ciri khas mochi yang tentu saja berbeda dari negara asalnya. Rasanya yang manis dan lembut memang selalu menggoda selera, apalagi jika didalamnya di isi dengan filling yang beraneka ragam rasa dan salah satunya ada es krim ini. Kita bebas memilih varian rasa es krim apa saja yang disukai sebagai isian dalam mochi tersebut.

You Might Also Like

0 Comments

Flickr Images